Friday, December 01, 2006

Bung Karno:"Dimanakah kita berada ketika bapak kita masih perjaka dan ibu kita masih perawan ? "

Seminggu ini..aku lagi mencicil baca buku Bung Karno Gerakan Massa dan Mahasiswa yang "kebetulan" dibeli istri waktu bazar buku (75 buku) sebuah penerbit buku. Untuk mengisi waktu dalam kereta yang sering berhenti lama....lembar per lembar aku baca buku tersebut. secar garis besar buku itu berisi pidato2 Bung Karno dalam setiap kesempatan menjadi pembicara dalam rapat2 organisasi2 kepemudaan, mahasiswa dan bebrapa organisasi kemasayarakatan...pokoke Apik tenan isine. Mungkin "wajib" bagi anak muda sekarang untuk membacanya agar tahu sejarah dan mengenal jiwa nasionalisme pejuang2 kmerdekaan



Hampir semua pidato Bung Karno penuh isi baik dari sisi ..agamis (Islam), Nasionalis, Sosialis (ekonomi)...Tetapi pagi ini ada sebuah pertanyaan yang sangat menarik dari Bung Karno kepada para pemuda dalam sebuah acara. begini " Dimanakah kita berada ketika bapak kita masih perjaka dan ibu kita masih perawan,...dimana hayo ?!"

Dalam buku itu sebenarnya Bung Karno terpaksa menjawab sendiri karena tdk ada yang menjawab. Tapi aku mau komentar dulu dari teman2 kira-kira apa pendapatmu ..? (Pendapat Bung Karno ada di komentar)

3 comments:

  1. lek iso njawab hadiahnya apa cak joyo? pulsa lagi?

    ReplyDelete
  2. Anonymous8:37 AM

    Hmm...karena ndak ada yg kasih komentar terpaksa deh jawab sendiri hiks hiks....

    Jadi Begini Kata Bung Karno...Ketika itu kita dalam genggaman "saku" Tuhan, kemudian karena Tuhan berkehendak Di lahirkanlah kita melalui orang tua (jawa, negro, bule dsb) yang dikehendaki Nya juga dan dipilihkan juga dimana (negara) kita dilahirkan....Jadi Adalah wajib bagi kita sebagai manusia Indonesia untuk Mengabdi kepada Tuhan, Mengabdi kepada Orang Tua, dan Mengabdi Kepada Bangsa Dan Negara dimana kita dilahirkan...Jadi tidak ada alasan bagi kita yg dilahirkan di Indonesia untuk tidak mencintai, siap membela dan membangun negeri bumi pertiwi Indonesia...Karena semua itu terjadi atas Kehendak Tuhan. Begitulah kira2 jawaban Bung Karno dan disitulah kita Paham akan Siapa Sebenarnya Beliau (agamis, nasionalis dan sosialis dlm paham ekonominya). Tetapi sayang saat ini orang2/partai2 yang mengaku sebagai pengusung ideologi2 soekarno...justru merekalah yang paling Jauh dari ..idealisme seorang Bung Karno. hmm..

    salam
    Cak Joyo

    ReplyDelete
  3. Anonymous10:29 AM

    Aku baru mau jawab dah dijawab dulu... bagaimana seh????

    ReplyDelete