Wednesday, April 16, 2008

"Jika anda ingin mengubah sesuatu, anda harus mengubah rutinitas "


Para football mania manapun apalagi penggila liga spanyol dan liga english kalau tidak kenal seorang nama bernama "Ramos" rasanya tidak sah disebut mania. Karena nama "Ramos" ini termasuk special dalam hal prestasi di dunia kepelatihan. Kalau Sir Alex Ferguson terkenal karena merajai EPL dlm 10 tahun terakhir ini plus Treble winner yg blm pernah di raih tim dan pelatih manapun sampai saat ini, di Italy ada Ancheloti yg sukses jadi pemain dan pelatih yg menjuarai Liga champion Eropa. nah di spanyol ada satu nama "Juande Ramos" yang berhasil membawa Sevilla juara UEFA dua kali berturut-turut dan menjadi klub pertama yg berhasil melakukannya sejak Real madrid pada 1986. Mungkin piala UEFA tidak segemerlap Liga Champion tetapi raihan prestasi itu juga bukan prestasi yang sembarangan. yang terbaru dari prestasi mister Juande Ramos ini adalah membawa Totenham Hospur menjadi juara Piala Carling dalam waktu 4 bulan sejak ditangani dari kondisi tim yg terpuruk sampai dipecatnya pelatih sebelumnya Martin Jol. mungkin Piala Carling ini tdk sementereng juara liga EPL atau FA, tetapi dgn ketatnya kompetisi dan dgn tim yg semula benar2 terpuruk apalagi sudah 9 tahun Totenham paceklik juara tentu memberi kredit tersendiri dengan apa yg telah dicapai oleh Tuan Juande Ramos ini.

So dari deretan prestasi dan alasan betapa specialnya tuan Ramos ini tentu kita ingin tahu apa rahasia dibalik kesuksesannya selama ini. Dari sebuah wawancara dan diterbitkan oleh detik beberapa hari lalu terungkaplah beberapa rahasia sukses Juande Ramos ini. filosofinya yg kuat dan menginspirasi cara kerja dia aadalah seperti yg dikatakannya " Jika anda ingin mengubah sesuatu, anda harus mengubah rutinitas" . Dan filosofi ini benar telah dipraktekkan di Totenham Hospur dan membuat Tim underdog menjadi Tim juara dgn pemain yg sama tanpa membeli pemain2 bintang baru seperti layaknya pelatih lain utk merombak tim.

yang dia inginkan adalah Tim Juara, artinya harus punya mental juara, semangat juara dan kemampuan juara. Dalam prakteknya Tuan Ramos ini mengubah semua kebiasaan/rutinitas activitas di Club dari yg sekecil-kecilnya seperti pintu lewat berlatih sampai yg prinsip2 program diet dan menu makanan dgn maksud melupakan masa lalu dan menjadikan Tim Juara (mental, semangat dan kemampuan). Walau mungkin diawal berat bagi siapapun tetapi ternyata buahnya terbukti manis menjadi juara Piala carling musim ini.

So walau saat ini Totenham sedang grafik menurun (mungkin karena eforia kemenangan yg terlalu cepat sehingga membuat mental dan semangat menjadi kurang penuh) tetapi seiring waktu jika konsisten Totenham akan jadi pesaing Big Four musim depan dan bahkan mungkin menjuarai lebih lagi piala.

Catatan penting disini adalah apa yg telah dilakukan mister Juande Ramos layak untuk ditiru buat diri sendiri jika ingin mengubah sesuatu dalam diri, maka harus mengubah rutinistas... hmmm anyway sukses buat Juande Ramos , thanks untuk pelajarannya... pada kita melalui sepakbola... salam dri fans MU...lho.!

1 comment:

  1. walah cak...baca dari awal kirain pendukung totenham...rupanya sama2 pendukung setan merah eheheheh :D

    ReplyDelete