Monday, January 09, 2006

Kereta ku KRL AC Serpong terbakar...!!!


Keretaku Terbakar..kenapa ? hari jum' at kemarin sperti biasa pulang kantor naik kereta Tn-Abang - Sepong KRL AC seperti hari-hari sbelumnya. tidak ada firasat apa2 kalau akan terjadi sesuatu. hari itu memang cuaca hujan disepanjang jalan tapi jalan cukup lancar sehingga sampai ke stasiun Pd Ranjipun tepat waktu. Beberapa penumpang mulai turun dan sebagian lain masih duduk meneruskan ke stasiun berikutnya. Suasana dalam kereta jadi agak kosong karena turunnya beberapa penumpang.

Tak lama keretapun mulai jalan di tengah rintik-rintik hujan. Namum...belum lama melaju tiba-tiba kita dikejutkan oleh suara ledakan beruntun..diikuti kilatan-kilatan petir/listrik tegangan tinggi diatas gerbong yang cahayanya sampai terlihat dari dalam gerbong kereta. seketika penumpang di Gerbong 1 berteriak histeris dan berhamburan mau keluar kereta. Tapi masalahnya saat itu..pintu kereta tidak terbuka ? kenapa ya ..padahal terlihat Kabel listrik putus sehingga terjaid konsleting listrik DC tegangan tiggi yang menyambar Body kereta sampai menimbulkan ledakan-ledakn beruntun dan percikan kilat cahaya. Ini msalah pertama kenapa ketika kabel listrik tegangan tinggi putus dan kereta berhenti...pintu tdk otomatis terbuka ?

menutupnya pintu ini menambah kepanikan penumpang karena kuatir gerbong terbakar atau tersetrom tegangan listrik dari kabel putus itu. akhirnya ada yang beteriak untuk memecahkan kaca..tetapi aku coba mencari-cari tempat PALU yang bisanya terletak di dekat sambungan ternyata tidak ada.( aneh ya padahal di BUS saja wajib menyediakan "PALU' didalam Bus untuk kondisi emergency seperti tersebut. Akhirnya orang2 berlarian menuju gerbong belakang...karena yang terbakar oleh listrik adalah gerbong 1,2 dan 3 sehingga dengan asumsi..klu gerbong lain tidak nyetrom dan terbakar.

Setelah mencapai gerbong ke empat/tiga tiba2 pintu bisa terbuka...dengan spontan orang-orang langsung melompat keluar tanpa berani berpegangan di besi pintu kereta karena takut kena strom...akhirnya yang terjadi adalah penumpang yang tumpang tindih khususnya ibu2 yang sangat panik sehingga mengakibatkan beberpa orang cidera terjatuh dan tertimpa penumpang lainnya. Aku sendiri karena ..keluar belakangan dikarenakan tidak begitu sadar dengan kejadian sebenarnya...harus melompat cukup jauh untuk menghindari menimpa penumpang lainnya sehingga aku pun jatuh terguling di rumput...(untung rumput..coba kalau batu-batuan bawahnya !).

Begitulah setelah semua penumpang berhasl keluar dari kereta...anehnya listrik masih menyala dan menimbulkan ledakan& kilatan api..seperti mesin LAS Listrik...

Sampai sekrang masih mengganjal di Aku beberpa pertanyaan
1. Kenapa Ketika Kabel listrik KRL putus dan terjadi konsleting ke Body kereta..tidak otomatis Mati alirannya sehingga tidak memperparah ...sampai terbakar juga tidak membahayakan penumpang ?
2. Jika Konsleting dan terkena Body kereta sebenarnya "Nyetrum" nggak ya ? karena listriknya DC ribuan kilo Volt....
3. Pintu KRL AC systemnya gimana sih ? otomatis/manual oleh Masinis ? kenapa begitu berhenti mati..pintu tidak langsung membuka otomatis ? harusnya ada cadangan Battery/sumber listrik untuk keperluan operational alat2 emergency.
4. kenapa tidak ada palu/alat pemadam kebakaran di Kereta ? siapa salah?!
5. Kenapa Putus ? tidak adakah maintenance rutin cek/perbaikan ?

terakhir...mbuh wis pusing..pasarah wae marang gusti Allah SWT moga2 paring slamet terus. tapi PT KAI..yo kudu..intropeksi lah....masak gini terus dan perlu kasih knowledges ke kita2 mengenai sistem & keamanan perkeretaapian ...KRL dll.

yo opo rek..komentarmu ?! aku sampai trauma kebawa mimpi...gimana saudara2 kita yang kena bencana yang lebih besar ya...!hmmm..!
Posted by Picasa

2 comments:

  1. Anonymous5:47 PM

    Saya baru saja mengalami hal serupa. Kejadian ini sudah saya takutkan dari awal karena sepengamatan saya naik kereta, tidak alat penyelamtan darurat, baik itu palu, APAR, prosedur dan lain2.
    Hal ini sangat krusial dan perlu ditanggapi KAI sebagai penyedia lyanan publik. Besar harapan kita dapat mengusahakna bersama.
    Teguh
    08121018603
    ignatius_teguh@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih commentnya buat Jovilla dan mas teguh.
    Wah gile sudah 6 tahun dari ...tulisan yg saya buat kok msh blm ada imporvement juga...wuih2...! lapor p dahlan wae .. mas !
    semoga2 temen2 KRLmania... selalu dlm lindungan-Nya.

    salam
    mantan KRLmania

    ReplyDelete