Tuesday, October 10, 2006

Ramadhan ! Kenapa menjadi hilangnya keheningan malam !


Hmm......waktu kecil dulu setiap datang bulan puasa...rasnya senang sekali karena pasti byk makanan enak saat berbuka.....tidur di surau (langgar) ikut menikmati ta'jil orang tadarusan...byk pengajian disana-sini...yg tentu saja byk makanan yg disediakan he he....pokoknya kita ikut senang karena byk makanan dan bisa main2 petasan dari 'karbit" disiang hari. Yang tergambar dibenak kita bulan puasa adalah pesta makanan dan hiruk pikuk main2 dan suara "speaker" menggema dimana-mana.

sekian puluh tahun berlalu dari masa itu...sampai saat ini ternyata suasana itu tetap sama....evoria orang menyiapkan menu buka puasa..."hiruk-pikuk" suara speaker di masjid2....walaupun skrang sudha tinggal di kota besar sekalipun...hmm.

Tapi rasanya ...sekarang ini suasana itu jadi aneh dan beda karena ...perasaan ndak begitu tertarik lagi dgn evoria makanan buka puasa yg harus ini..itu...apalagi hiruk pikuk ...di masjid2 yang berlomba2 memperkeras..'speaker'nya ketika tadarus...sholat ..orang membangunkan waktu sahur dan acara2 pengajian lainnya. Kata nya sebagai sarana dakwah dan maramaikan suasan Ramadhan....hmmm. Apa betul ?!

Betul mungkin tujuannya....tapi apakah "maramaikan/mengisi" bulan ramadhan itu harus selalu dgn "hiruk pikuk" seperti itu...?? rasa-rasnya kok sudah terlalu "diluar porsi" hingga masuk dalam level....mengganggu...bahkan merusak...indahnya suasana keheningan malam di bulan ramadhan untuk berpuasa...!

Tapi itu cuma 'uneg2' aku...barangkali....aku yang salah!.... kenapa aku berubah persepsinya...tidak tetap seperti aku waktu kecil ! iya..kali ya !hmm......giman dgn anda.?

Yang merindukan keheningan malam di bulan ramadhan,
Cak Joyo

No comments:

Post a Comment