Thursday, November 16, 2006

Setan itu Lawan opo Kawan ?



Hmm....aku tertarik salah satu komentar cak uconkie bahwa setan sama malaikat itu sama bayarane tapi bedo job description..he he...menarik juga ?
Selama ini Setan jadi tertuduh sebagai lawan manusia yang harus di hancurkan karena bisa membawa ke kesesatan, kehancuran dan "sak barang kalire sing elek2 pokoke". lha saiki masalahnya apa betul setan itu lawan ? tidak bisa dijadikan kawankah?

Hmm..yo opo kalau setan itu kita jadikan kawan ? lho kok iso?
Coba kita ubah cara pandangnya....setan itu kan selalu mencari dan masuk melalui kelemahan kita untuk menjeruskan kita kedalam Api neraka...? artinya klu kita mau berfikir....Sebenarnya Setan itu menunjukkan kepada kita akan kelemahan2 kita ....dan disitulah kita harus mengenali diri kita sehingga kita tidak jatuh dua kali..tiga kali..atau berakali2 ..di titik yang sama. Dan jika kita waspada dan terus belajar maka akan membuat kita jadi orang yang terus menerus menjadi lebih baik....tetapi tentu saja hal seperti ini sangat sulit dan hampir tidak mungkin sendirian. Tentu harus ada seseorang yang kualifikasi yang mengawasi dan memperhatikan kita terus menerus agar kita tetap dalam jalur/trek menjadi lebih baik...seperti layaknya pelatih yang mengawasi petinjunya dalam berlatih dengan "sparing partnernya" agar menjadi petinju yang tangguh.

so Setan-pun bisa jadi "Sparing Partner" / kawan yang menunjukkan kelemahan dan membuat kita mengenal akan kelemahan kita....dengan syarat Mutlak..harus ada "Pelatih yang Kualified/diakui'" yang mengawasi dan mengarahkan agar kita tetap dalam jalur/trek yang benar dan lebih baik.

Jadi Setan itu Kawan atau Lawan ? hmm....kedua-duanya kali. (lagi seneng mbahas setan....karena aku dikadalin terus je !). Tapi ngomong2 Setan iku jane opo toh ? jangan2 kita hanya menjadikan setan "kambing hitam" dari kesalahan atau keburukan kita sendiri ? hmmm....mbuh wis. yo opo klu menurut sampeyan ? hayo comments ! .cak joyo


5 comments:

  1. kalo gitu, setan mustinya dapat honor mahal donk. coba aja di kantor, konsultan hrd dibayar mahal untuk menthelengi dan mengorek2 kelemahan dan kekurangan perusahaan. biar setelah ketahuan bocor2 di perahu bisa cepat ditambal. tapi bocor2 di kita kayaknya bisa nutup sendiri deh cak. soalnya kan kita punya sistem antibodi. tentu saja setelah prasyarat utamanya kepegang dan tak ucul dr tangan. tulisan yg BAGUSS!! *pak tino mode on*

    ReplyDelete
  2. Anonymous3:52 PM

    Apik cak tulisane... cuman saiki setan ae ngeri ambe manusia .... wes protes kok dianggap biang kerok... lebih canggih manusia dari setan

    ReplyDelete
  3. Anonymous1:41 PM

    Kan ada sistem operasi berlogo setan yang sekarang punya banyak turunan, M0n0wall salah satunya. Aku suka setan yang beginian, Cak. Soalnya gak perlu beli Cisco yang mahal itu klo mau bikin router.

    Ada baiknya pakai sistem operasi berlogo setan, Cak. Soalnya, "setan" yang satu ini ikut standar POSIX.

    ReplyDelete
  4. Pagiiiiiiiii,

    Ya memang pada I setan adalah mahluk yg penuh perfectionist ok why? cox dia terpaksa melawan mahluk ALLAH ini iaitu manusia yg tak kurang hebat.
    So bagi memastikan dia sukcess Setan terpaksa lbih bagus dari manusia yah dengan mngatur strategiesnya, planning nya termasuklah plan A,B etc.
    Dan kepakaran nya dalam bidang ini tidak dapat di nafikan kerna jelas ramai manusia tewas di tangan SETAN jadi boleh jugaklah kita pinjam strategies nya....dan utk refective diri....
    If dia datang cara halus kita jugak harus lawan cara halus dengan....yah cari sndri dong
    boleh ke macam tu...hehehe

    ReplyDelete
  5. Anonymous10:44 AM

    sing ati2 Cak klo mo bangunin "SETAN" tidur, untung aja "MALAIKAT"-nya sigap mengambil tindakan, trus di rantai lagi tu SETAN, klo gak??????? bisa jadi SETAN smua qta!!!!!

    "anggaplah diri kita SETAN, supaya berusaha menjadi MALAIKAT, tapi jangan anggap diri kita MALAIKAT karena malah akan menjadi SETAN"

    Hidup SETAN MERAH!!!!!!

    ReplyDelete