Wednesday, October 10, 2007

Tahu Telor

Tahu telor lagi..... kesepian di Doha , salah satu acara yang menarik adalah membuat expsperimen masakan.. nah kabetulan tadi siang diajak temen belanja titipain istrinya. dapet deh tahu tempe, tauge dan bumbu pecel di sebuah grocerry.

kepikirna deh tahu telor... ini resepnya... dtp dri blog tetangga...numpang jiplak resep neh..

tahu bumbu atau tahu telor.
a. bumbu :
kacang tanah goreng segenggam/ kira2 20 biji, garam 1/2 sendok teh, gula merah 1 sendok makan, 2 siung bawang putih, 3 cabe rawit merah (bawang putih & cabe digoreng setengah matang terlebih dahulu), 1/2 sendok makan petis udang (petis yang enak adalah yang tidak lembek dan warnanya tidak terlalu hitam). haluskan / diulek sampai lembut, tambahkan air hangat sampai bumbu pas kekentalannya (tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer). terakhir tambahkan kecap sampai warna bumbu menjadi coklat cerah :p
b. tahu : 2 kotak tahu (kotak kira2 seukuran sabun mandi) dan 2 butir telor (kalau ingin membuat tahu telor).
- untuk tahu bumbu : tahu digoreng 3/4 matang, lalu dipotong2 dadu
- untuk tahu telor : tahu dipotong dadu digoreng setengah matang. lalu dimasukkan ke kocokan telur. 1 telur untuk 1 kotak tahu. masukkan garam sedikit dan kocok lagi dengan sendok. dan goreng kembali tahu yang telah bercampur dengan telur. angkat bila sudah matang. sisihkan.
c. topping : kecambah yang sudah direbus matang, irisan/rajangan daun bawang atau kucai, kerupuk
d. cara penyajian :
siapkan piring dan nasinya. taruh tahu di atas nasi. siram tahu dengan bumbu. taburi bumbu dengan kecambah dan rajangan daun bawang. lalu terakhir taruh kerupuk di atasnya. siap disantap deh. nyammm...nyam...jancik uenake rek !

1 comment:

  1. Anonymous8:51 PM

    Cak...kok melas tho, masak dewe :) emang biasanya catering ya?

    ReplyDelete