Thursday, September 13, 2007

Ilmu kehidupan ?!!Opo maneh ki?!


Ilmu kehidupan...mendengar kata-kata ini aku lsg teringat sama uconk karena dia yang selalu mengatakan ..kata-kata itu....yg kita butuhkan ini ilmu kehidupan....dan inilah yg harusnya di ajarkan kepada anak-anak kita.... jane opo seh ilmu hidup ?

Aku ndak ngerti..secara komplit definisinya..mungkin ucok bisa kasih komentar ?
tpi btw..aku hanya mau sharing...my live in the new place..far away.....

3 minggu di tempat baru yang aku rasakan dan alami..ternyata disini yg dibutuhkan adalah.. menyesuaikan diri dgn lingkungan (gaya, aturan, kebiasaan dll) dengan cepat ya artinya harus jadi orang yang 'learner' cepat mempelajari lingkungan baru dan make ajustment yg diras perlu. yang kedua basic survival karena dlm kondisi serba terbatas sarana , prasarana dan kemampuan mau ndak mau kita harus punya basic survival...tpi intinya ..menyesuaikan diri juga. Yang tidak kalah penting adalah komunikasi...entah pakai bahasa lisan, tulisan, tubuh intinya kita hrs bisa komunikasi dgnmacam2 orang dgn berbagai macam level of komunikasi...gara-gara komunikasi ini aku di semprot bos baru karena terjadi miss communication..walaupun akhirnya clear juga setelah ada resolution conflic dgn komunikasi lbh mendalam tentang apa point yg ingin disampaikan (interestnya)....

Dan satu lagi kayaknya creatifitas menjadi bagian yg tidak terpisahkan dari bagaimana agar cepat menyesuaikan diri dgn lingkungan... karena kadang2 potensi sumber prasarana dsb dilingkungan baru tidak sama dgn yg biasa kita lakukan di tempat asal..jadi kreatifitas utk memanfaatkan potensi yg ada menjadi hasil yg maksimum sangat diperlukan..

Btw kayaknya semua moral-moral dan pelajaran itu ada di FIFAS.....
dan itulah mungkin yg harus diajarkan sama anak-anak kita......Kemampuan utk menyesuaikan diri dgn lingkungan baru...komunikasi....Creatifitas...brangkali itu kali ilmu kehidupan ..diantaranya ? msalah pinter itu gampang....asal tekun banyak baca pasti pinter....tpi blm tentu 'smart', gimana conk ?

Tanpa terasa juga ketiga kemampuan diatas ternyata membuat kita mudah menerima kenyataan hidup ini, legowo dan menajdikan masalah sebagai bagian dari tantangan dalam permainan kehidupan didunia ini...anggap saja koyok pelatihan.....ada game yg harus dimainkan kadang enak kadang ora tapi sing penting tetap semangat dan senang-senang....


Jadi inget cerita jenderal...pilih jadi kecoa daripada jadi dinosaurus...siap!

2 comments:

  1. Udah lama liat blog sampeyan ini cak, dan ada sesuatu yang mengganggu, yaitu:

    Live..Usefull..Dead...Live

    Seharusnya:
    Live... Useful (bukan usefull)... Dead... Alive....

    Yang lebih tepat lagi:
    Be useful... dead or alive...

    atau
    Be a useful person... dead or alive...

    Karena:
    Life = Kehidupan (kata benda abstrak)
    Live = Hidup/menghidupkan (kata kerja)
    Alive = Hidup (kata sifat)

    Maaf ya cak. Hanya memberi masukan.
    Yang penting pasang FesBA 2012 Web Banner dulu dong. Huehehe

    ReplyDelete
  2. Done banner nya OM..
    Koreknys di terima dengan senang hati...(udah diganti satu ) he he... thanks juga sudah ditengok2.. wong yg punay saja dah lama ndak nengok he he..

    anyway... maksud tulisanku itu sebenarnya tahapan... kedipan kita
    Hidup (didunia).. berguna (didunia).. mati.. hidup (diakhirat) lgi... yg semua kata kerja memang...

    jdi bukan... rangkaina satu kalimat... (ngeles.com tetep..dong hiii)

    ReplyDelete